6 Makanan Terpopuler Khas Jawa Tengah

Spread the love

Wisata kuliner tidak hanya soal berbagai hidangan enak, namun menjadi ciri khas dan simbol kebudayaan suatu daerah. Berbicara tentang wisata kuliner, kuliner khas Jawa Tengah memiliki banyak hidangan yang sangat populer. Bahkan beberapa hidangan telah menyebar ke seluruh wilayah di pulau Jawa karena cita rasanya yang sangat lezat.

Makanan khas Jawa yang Paling Terkenal

Jika Anda sedang berlibur ke salah satu daerah di Jawa Tengah, maka Anda wajib untuk mencoba kuliner khas dari daerah tersebut. Berikut ini beberapa hidangan khas Jawa tengah yang wajib Anda coba setidaknya satu kali seumur hidup:

  1. Nasi Liwet Solo

Kuliner terpopuler dengan urutan pertama yaitu nasi liwet solo, kuliner ini memiliki cita rasa gurihnya santan yang menggoda. Nasi liwet solo merupakan hidangan tradisional yang berupa nasi dengan sayur labu, areh, suwiran ayam, dan disiram dengan kuah santan kental.

Nasi liwet solo ini sangat wajib untuk Anda cicipi jika sedang berada di kota Solo, Jawa Tengah. Sajian ini dapat Anda temukan di setiap sudut wilayah Surakarta, dan yang paling terkenal adalah Nasi Liwet Bu Wongsi yang telah berdiri sejak 1950-an.

  1. Sate Ambal

Bagi Anda yang sedang berlibur ke daerah Kebumen, Anda wajib mencicipi kuliner khas Kebumen yaitu sate ambal. Sate ambal memiliki cita rasa yang unik karena tidak seperti sate pada umumnya, bumbu sate ambal sendiri terbuat dari bumbu tempe.

Bumbu tempe pada sate ambal yang menggunakan daging ayam memberikan cita rasa yang masih, gurih, dan sedikit pedas. Sebuah perpaduan yang sempurna untuk menikmati kuliner Jawa Tengah khas Kebumen.

  1. Nasi Megono

Kuliner terpopuler di Jawa Tengah selanjutnya datang dari daerah Pekalongan yaitu nasi megono atau sego megono (bahasa Jawa). Kuliner satu ini disajikan dengan terik tahu dan tempe, irisan timun, urap nangka muda, sambal tauco, dan empal kelem.

Cita rasa yang dihasilkan oleh nasi megono sangat gurih dan pedas, dengan aroma tauco yang khas. Setiap suapan nasi megono kaya akan rasa yang dapat membuat Anda ketagihan dan ingin terus menyantap hidangan ini.

  1. Mi ongklok

Beralih ke daerah Wonosobo, terdapat satu kuliner yang terkenal dengan nama mie ongklok. Hidangan ini berupa mie rebus dengan kuah kanji yang kental, irisan kol, serta daun kucai. Mie ongklok biasanya disajikan bersamaan dengan sate sapi dan juga tempe kemul khas daerah Wonosobo.

Mie ongklok yang hangat sangat cocok disantap di daerah Wonosobo yang dingin, Anda bisa menikmati mie ongklok dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 15-25 ribu rupiah. Rekomendasi mie ongklok paling enak yaitu Mie Ongklok Bu Umi di Jalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo.

  1. Gudeg Semarang

Seperti kebanyakan orang tahu bahwa gudeg asalnya dari daerah Istimewa Yogyakarta, namun ternyata daerah Semarang juga memiliki kuliner nasi gudeg. Gudeg khas Semarang ini bercita rasa gurih, manis, namun lebih menonjolkan rasa pedas. Nasi gudeg biasanya disajikan bersama dengan daun singkong, opor ayam, kerecek pedas, dan juga areh kental.

Demikianlah 5 kuliner khas Jawa Tengah yang paling populer dan patut Anda coba jika sedang berwisata ke daerah-daerah tersebut. Anda dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang menjadi ciri khas suatu daerah dan tidak bisa ditemukan di daerah lain.